• معهد دار الفلاح الإسلامي_______________ SMAS DARUL FALAH ENREKANG
  • AKREDITASI A NPSN 40313184 NSS 301911000005 KP 91712 JALAN JENDRAL SUDIRMAN NO 02 KEL. GALONTA KEC. ENREKANG KAB. ENREKANG SULAWESI SELATAN

BIMBINGAN TEKNIS PENINGKATAN PUBLIC SPEAKING 2020 : MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DALAM BERKOMUNIKASI

Direktorat SMA melalui Subbagian Tata Usaha mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Public Speakingpada 9-11 November 2020, di Avenzel Hotel and Convention, Cibubur. Tema kegiatannya adalah Boosting Confidence and Excellent Public Speaking Skill Trainning. Intinya adalah bagaimana kita meningkatkan percaya diri, sehingga mampu mengkomunikasikan segala hal dengan baik.

Kegiatan ini rasa perlu, karena di Era Revolusi Industri 4.0, kemampuan public speaking menjadi salah satu hal penting dalam pengembangan kecakapan abad 21. Public Speaking mencakup berdiskusi, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan keterampilan berbicara efektif secara khusus, berupa sikap dan teknik berbicara yang mumpuni, agar baik dalam penyampaian pesan, mempengaruhi orang, memotivasi, dan lain sebagainya. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi seluruh pegawai di lingkungan Kemdikdub, khususnya Direktorat SMA.

Harapan itu pulalah yang disampaikan oleh Drs. Purwadi Sutanto, selaku Direktur Diektorat SMA, dalam sambutan pembukaannya (Senin 9/11). Pada kesempatan itu Purwadi mengatakan, bahwa public speaking bukan semata hanya mampu mengkomunikasikan sesuatu, tapi juga memastikan apa yang disampaikan itu, sesuai dengan fakta yang ada, bukan hoax.

“Itulah mengapa teman-teman kita kumpulkan di sini, karena kompetensi public speaking  ini bukan hanya masalah komunikasi. Seorang komunikator yang baik itu bukan hanya harus memiliki kreativitas yang tinggi, tapi juga critical thinking yang tinggi. Kemudian kita juga harus mampu berkolaborasi, sehingga kita akhirnya bisa melakukan komunikasi yang baik dan tertata. Ini sejalan dengan 4C yang sering kita sampaikan, yaitu ; creativity, critical thinking, communication, collaboration. Diharapkan, kegiatan ini bisa memberi kompetensi yang lebih kepada teman-teman. Saya kira kegiatan ini sangat baik sekali, tolong dimanfaatkan juga sebaik mungkin,” kata Purwadi.

Dalam laporannya, Ekawati, Kepala Subbagian Tata Usaha, juga menyampaikan bahwa pelatihan ini memang diadakan untuk lebih menggali lagi potensi para pegawai, terutama dalam peningkatan percaya diri, karena komunikasi yang baik sangat berkaitan dengan kemampuan memberikan layanan publik yang prima.

“Diharapkan melalui kegiatan ini seluruh peserta memperoleh wawasan dan pengalaman baru dari pakar dan praktisi komunikasi yang sudah dikenal masyarakat lewat karir dan pengalaman mereka di area komunikasi. Lewat Bimtek ini peserta juga mendapatkan pengetahuan bagaimana berkomunikasi secara baik dan terstruktur. Pada akhirnya nanti, output dari kegiatan ini kita memiliki kemampuan memberikan informasi ke publik yang efektif dan efisien berupa kemampuan komunikasi yang handal dan mumpuni,” kata Ekawati.

Kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Public Speaking ini menghadirkan para fasilitator yang sangat kompeten di bidangnya masing-masing. Mereka adalah para public figure yang bernaung di bawah bendera TALKINC, dan sudah tidak asing lagi, yaitu Kamidia Radisti yang dikenal publik sebagai MC dan presenter TV, Wahyu Wiwoho sebagai pembawa berita di Metro TV, dan Dave Hendrik (MC, presenter TV, dan penyiar radio). Para Fasilitator dari Talkinc ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri seluruh peserta untuk berbicara di depan umum lewat teknik-teknik bicara terstruktur serta praktik-praktik komunikasi yang baik dan benar. Pada akhirnya, lewat kegiatan ini dapat membantu para peserta untuk meningkatkan rasa percaya dirinya dan terampil saat berbicara di depan umum baik di lingkungan kerja maupun masyarakat.

Selain dari Direktorat SMA, Kegiatan ini juga diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari beberapa unit eselon di Kemendikbud, yaitu ; Setditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Balitbang, Badan Bahasa, Direktorat PAUD, Direktorat SD, Direktorat SMP, Direktorat SMK, Direktorat PMPK, Direktorat GTK Dikmen dan Diksus, Puspresnas, Pusdatin, BKHM, dan Lembaga Sensor Film. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kompetensi bersama.

Teks&Foto : rinda/eddy