
Melatih 'SOFTSKILL' dan 'HARDSKILL' melalui Pembelajaran Koperatif
Suasana kelas XI-1 SMAS Darul Falah Enrekang pada hari Rabu (15/5) dipenuhi dengan semangat dan antusiasme para siswa saat mengikuti pembelajaran Fisika Termodinamika dengan tema "Prinsip Kerja Air Conditioner (AC)".
Pembelajaran kooperatif kali ini dikemas dengan cara yang menarik dan inovatif, yaitu melalui presentasi yang dilakukan oleh 3 kelompok siswa. Masing-masing kelompok menampilkan media presentasi yang berbeda, yaitu media gambar di kertas dan slide melalui LCD Proyektor.
Suasana ilmiah tercipta di kelas dengan diskusi yang aktif dari masing-masing kelompok atau antar kelompok selesai presentasi. Apalagi diskusi mengarah ke permasalahan kontekstual misal AC di Masjid yang mereka tempati keseharian kadangkala berisik, tidak panas atau permasalahan lainnya. Para siswa saling bertukar informasi dan pendapat, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.
Memberikan tugas kepada siswa untuk membuat media presentasi digital dan gambar kertas dalam pembelajaran tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman materi pelajaran, tetapi juga melatih berbagai soft skill dan hard skill yang penting bagi siswa.
Soft Skill:
- Keterampilan Komunikasi: Siswa harus mampu menyampaikan ide dan gagasan mereka dengan jelas dan terstruktur, baik secara lisan maupun tulisan.
- Keterampilan Kolaborasi: Dalam mengerjakan tugas presentasi secara kelompok, siswa harus mampu bekerja sama dengan baik, saling menghargai pendapat, dan menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi.
- Keterampilan Kreativitas: Siswa didorong untuk berkreasi dalam membuat media presentasi yang menarik dan informatif, baik dalam bentuk digital maupun gambar kertas.
- Keterampilan Kritis: Siswa harus mampu menganalisis informasi dan menyajikannya dengan cara yang objektif dan logis.
- Keterampilan Presentasi: Siswa harus mampu menyampaikan presentasi dengan percaya diri, menggunakan bahasa tubuh yang baik, dan menjaga kontak mata dengan audiens.
Hard Skill:
- Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Siswa harus mampu menggunakan berbagai software presentasi dan desain untuk membuat media presentasi digital.
- Keterampilan Menulis: Siswa harus mampu menulis teks yang jelas, ringkas, dan informatif untuk melengkapi media gambar kertas.
- Keterampilan Mendesain/Menggambar: Siswa harus mampu menggambar diagram, grafik, atau ilustrasi untuk memperjelas materi presentasi.
Selain itu, pembelajaran kooperatif memiliki kelebihan yaitu:
Meningkatkan Kepercayaan Diri: Berdiri di depan kelas dan berbicara di depan orang lain dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa. Semakin sering mereka berlatih, semakin terbiasa mereka berbicara di depan umum dan semakin percaya diri mereka dalam menyampaikan ide dan gagasan mereka.
Meningkatkan Kemampuan Berbicara di Depan Umum: Presentasi di depan kelas memberikan kesempatan bagi siswa untuk melatih kemampuan berbicara di depan umum mereka. Mereka harus belajar bagaimana mengorganisir pikiran mereka, berbicara dengan jelas dan lantang, serta menggunakan bahasa tubuh yang efektif.
Meningkatkan Motivasi Belajar: Ketika siswa terlibat dalam pembelajaran kelompok dan bertanggung jawab untuk mempresentasikan materi kepada kelas, mereka cenderung lebih termotivasi untuk belajar. Mereka ingin memastikan bahwa mereka memahami materi dengan baik dan dapat menyampaikannya dengan cara yang efektif kepada teman-teman mereka.
Mengembangkan Kemampuan Memecahkan Masalah: Bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas presentasi dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan memecahkan masalah mereka. Mereka harus belajar bagaimana bekerja sama dengan anggota kelompok lainnya, mendelegasikan tugas, dan menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi.
Meningkatkan Pengetahuan dan Pemahaman: Ketika siswa bekerja sama untuk mempelajari materi dan mempresentasikannya kepada kelas, mereka memiliki kesempatan untuk saling belajar dari satu sama lain. Mereka dapat berbagi ide dan perspektif yang berbeda, yang dapat membantu mereka untuk lebih memahami materi pelajaran.
Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama: Bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas presentasi dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan bekerja sama mereka. Mereka harus belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif, saling menghargai, dan menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis: Siswa harus berpikir kritis ketika mereka menyiapkan presentasi. Mereka harus menganalisis informasi, menyusun argumen, dan menarik kesimpulan.
Meningkatkan Keterampilan Beradaptasi: Siswa mungkin perlu beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga selama presentasi. Misalnya, mereka mungkin perlu menjawab pertanyaan yang sulit atau menangani masalah teknis.
Membuat Pembelajaran Lebih Menyenangkan: Pembelajaran kelompok dengan presentasi di depan kelas dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa. Mereka dapat belajar dengan cara yang lebih aktif dan interaktif, dan mereka dapat bersenang-senang bekerja sama dengan teman-teman mereka.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER SMA DARUL FALAH ENREKANG TAHUN AJARAN 2023/2024
JADWAL UJIAN AKHIR SEMESTER SMA DARUL FALAH ENREKANG TAHUN AJARAN 2023/2024 HARI/TANGGAL KELAS X KELAS XI KELAS XII MIPA KELAS XII IPS SENINI, 27/11/
Fisika SMA Fase F [Adi Warsito, S.Si]
Kelas XI Kurikulum Merdeka Fase F LINGKUP MATERI MATERI AJAR LKPD PPT 11.1 Vektor Link Link Link 11.2 Kinematika  
JADWAL UJIAN SEKOLAH (US) TAHUN 2023
PETUNJUK MENGERJAKAN SOAL Mulailah mengerjakan Soal US dengan berdo'a terlebih dahulu Perhatikan Hari/Tgl Pelaksanaan US dan Klik pada Mata Pelajaran yang diujikan sesuai pemina
Tana Rigalla Tana Riabusungi
Sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi selatan, tepatnya di kota Enrekang. Daerah ini dikenal dengan sebutan “Massenrempulu” yang artinya meminggir gunung atau menyusuri gunu