Profil
Profil Sekolah
Nama Sekolah | : | SMA Darul Falah Enrekang |
---|---|---|
NPSN | : | 40313184 |
Alamat | : | JL. JENDERAL SUDIRMAN NO. 2, Kec. Enrekang, Kab. Enrekang, Prov. Sulawesi Selatan |
Kode Pos | : | 91712 |
Status | : | SMA Swasta |
: | darulfalah_sma@yahoo.co.id | |
Website | : | smadarulfalahenrekang.sch.id |
Kepala Sekolah | : | Firdaus, S.Pd |
Daya Listrik | : | 5500 |
Ruang Kelas | : | 9 |
Peserta Didik | : | 265 |
Data Lain Sekolah
Naungan | : | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
No. SK. Pendirian | : | 137/KEP/106/HK/00 |
Tanggal SK. Pendirian | : | 2000-06-24 |
No. SK. Operasional | : | 137/Kep/106/HK/00 |
Tgl Mulai SK Operasional | : | 2000-06-24 |
Tgl Akhir SK Operasional | : | |
File SK Operasional | : | 438386-778028-305876-137928067-797238025.pdf |
Akreditasi | : | A |
No. SK. Akreditasi | : | 110/SK/BANP-SM/XII/2018 |
Tanggal SK. Akreditasi | : | 03-12-2018 |
No. Sertifikasi ISO | : | Belum Bersertifikat |
Yayasan | : | YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ENREKANG |
Sejarah singkat dan perkembangan SMAS Darul Falah Enrekang
SMAS Darul Falah Enrekang merupakan salah satu satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Islam Enrekang dan berada dalam lingkungan Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 02 Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang memiliki titik koordinat pada Latitude -3.565892 dan Longitude +119.774365.
Berbatasan langsung dengan SMAN 1 Enrekang, dan dalam radius kurang dari 1 km terdapat SMPN 1 Enrekang, SMP 2 Enrekang, SMAS Muhammadiyah, MTsS Muhammadiyah, MA Muhammadiyah, SMK PGRI Enrekang, MTs DDI, MA DDI dan beberapa satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar. Lokasi sangat mudah dijangkau dengan alat transportasi dan berada dekat dengan dinas/instansi dan pusat pemerintahan kabupaten Enrekang.
SMAS Darul Falah Enrekang memulai operasional pada tahun 2000 berdasarkan SK Mendiknas Republik Indonesia No. 137/Kep/106/HK/00 tertanggal 24 juni 2000 kemudian menerima peserta didik angkatan pertama serta proses belajar mengajar dimulai bulan Juli 2000. Pembukaan jenjang SMAS Darul Falah Enrekang bersamaan dengan SMPS darul Falah Enrekang sebagai tindak lanjut instruksi Ketua Umum YPIE Prof. DR, Ir. H. Beddu Amang, MA untuk memperluas layanan dan mengakomodir keinginan orangtua peserta didik yang ingin mengirimkan putra-putrinya belajar di pesantren,
Dalam proses pembelajaran keseharian peserta didik angkatan awal berhubung jumlahnya masih sedikit maka bergabung dengan santri Madrasah Aliyah (MA) Darul Falah yang sudah sejak awal pendirian pondok pesantren sudah dibina dibawah Departemen Agama Kabupaten Enrekang. Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang dibawah binaan Dinas Pendidikan menempatkan tenaga pendidik PNS diperbantukan di SMAS Darul Falah Enrekang.
Pejabat Kepala Sekolah sejak awal operasional sampai saat ini sebagaimana tabel berikut
NO | NAMA | PERIODE |
01 | H. Rasangan, BA | 2000 - 2002 |
02 | Adi Warsito, S.Si | 2002 - 2004 |
03 | Muh. Tahir, S.S | 2004 - 2005 |
04 | Bahrum Sindang, M.Ag | 2005 - 2012 |
05 | Drs. Ambo Masa | 2012 - 2017 |
06 | Firdaus, S.Pd | 2017 - aktif sampai sekarang |
Pada tahun 2005 melalui musyawarah pembina mempertimbangkan jumlah peserta didik yang kurang dan bantuan sumber daya dari pemerintah daerah (Diknas) sangat membantu operasional dan melihat dinamika yang ada maka untuk jenjang SMA/MA pada tahun pelajaran 2005/2006 fokus menerima peserta didik untuk SMAS Darul Falah Enrekang sehingga santri MA Darul Falah selesai kelulusannya pada tahun pelajaran 2007/2008.
Kondisi sosial-ekonomi masyarakat Enrekang bercorak religius, keadaan ekonomi orang tua peserta didik yang beragam dengan profesi campuran antara pedagang, petani, dan pegawai negeri sipil, POLRI dengan latar belakang pendidikan orang tua yang heterogen berdampak dalam keberhasilan peningkatan mutu pendidikan. Minat masyarakat menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun yang di tandai dengan semakin banyak calon peserta didik baru yang mendaftarkan di SMAS Darul Falah Enrekang
Perlahan tetapi pasti akhirnya dari jumlah peserta didik yang berjumlah 25 pada tahun pelajaran 2005/2006 kemudian pada tahun 2022/2023 sudah bertambah menjadi 262 yang belajar pada 3 tingkat kelas dengan jumlah rombel sebanyak 9 kelas.
Kondisi sekolah yang baik, memiliki sarana dan prasarana yang memadai dan cukup untuk menyelenggarakan pendidikan. SMAS Darul Falah Enrekang memiliki ruang belajar sebanyak 9 ruang (ditempati saat ini) dengan rincian kelas X terdiri atas 3 ruang belajar untuk X A, X B dan X C, Kelas XI terdapat 3 ruang belajar untuk XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI IPS, serta 3 ruang belajar untuk kelas XII yaitu XII IPA 1 dan XII MIPA 2 dan kelas XII IPS. Personil pendidik dan tenaga pendidik sebanyak 26 orang yang sebagian besar berijazah S1 dan tenaga kependidikan 3 orang akan memperkuat kemajuan sekolah.
Kurikulum yang diterapkan pada tahun pelajaran 2022/2023 di SMAS Darul Falah Enrekang adalah :
- Kurikulum Merdeka pada tingkat kelas X
- Kurikulum 2013 Darurat pada tingkat kelas XI dan XII.
Peserta didik SMAS Darul Falah sudah mengukir prestasi di bidang akademik, olahraga prestasi, seni dakwah, bahasa dan bidang-bidang lainnya. Dan dengan pengelolaan dan proses pendidikan dan pembinaan yang terarah dan terukur mudah-mudahan meraih prestasi yang lebih baik dalam membentuk generasi penerus yang akan membangun negeri dan mendapat ridha Allah SWT. Aamiin
Halaman Lainnya
Tracer Study SMA
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, mohon kesediaan rekan-rekan alumni SMAS Darul Falah Enrekang untuk mengisi Tracer studi berikut untuk keperluan akreditasi SMAS Darul Falah E
Literasi
Halaman Literasi menampilkan judul dari karya tulisan peserta didik SMA Darul Falah Enrekang baik berupa Puisi, Cerpen, Biografi Singkat, dll. Silahkan berkarya mungkin saja tulisan ala
Kokurikuler [P5]
Tema Pembelajaran Kokurikuler Semester Ganjil 1. Bangunlah Jiwa dan Raganya (Perpustakaan Impian Pondokku)2. Gaya Hidup Berkelanjutan ( Go Green Dafa) Semester Genap 1. Kearifan lokal (
Intrakurikuler
To be Creatively Smart Young Leader and Get Ready for Dream Campus Usia santri SMA berada pada masa peralihan yang membutuhkan ruang diskusi layaknya sahabat, memberikan t